Ketahui Penyebab Munculnya Alergi Ketika Menggunakan Produk Bayi

Ketahui Penyebab Munculnya Alergi Ketika Menggunakan Produk Bayi

Alergi yang terjadi pada bayi pasti membuat Mom merasa panik. Saat bayi mengalami alergi, sistem kekebalan bayi akan menurun sehingga bayi jadi rewel dan kerap menangis. Agar bayi tidak mengalami alergi, Mom perlu mengetahui penyebab dari munculnya alergi pada bayi seperti dibawah ini.

Penyebab munculnya alergi pada bayi

Terdapat banyak faktor yang bisa menyebabkan munculnya alergi pada bayi. Alergi dapat disebabkan dari faktor internal dan eksternal. Beberapa faktor internal dan eksternal yang menyebabkan terjadinya alergi pada bayi adalah berikut ini

1. Faktor genetik

Faktor genetik menyumbang 70% penyebab alergi pada bayi jika orang tua bayi juga memiliki riwayat penyakit alergi. Meskipun tingkat terjadinya alergi karena faktor genetik cukup tinggi bukan berarti alergi tidak bisa di obati.

Alergi yang disebabkan oleh faktor genetik tetap bisa disembuhkan dengan menggunakan obat atau resep tertentu. Hanya saja karena bayi memiliki kondisi fisik lebih sensitif maka, obat atau resep alergi yang diberikan pada bayi harus berdasarkan rekomendasi dari dokter.

2. Menggunakan produk bayi yang non-hypoallergenic

Kulit bayi sangat sensitif dan rentan mengalami masalah. Sangat sensitifnya kulit bayi mengharuskan bayi menggunakan produk yang dikhususkan untuk bayi. Produk yang cocok untuk digunakan pada bayi haruslah produk dengan kandungan hypoallergenic.

Hypoallergenic adalah istilah yang digunakan pada produk yang tidak menimbulkan alergi pada bayi. Apabila mom sudah menggunakan produk khusus untuk bayi namun tetap terjadi alergi bisa jadi produk tersebut memiliki kandungan non-hypoallergenic.

Untuk mengetahui produk bayi dengan kandungan yang gantle care sangat mudah. Mom hanya perlu melihat komposisi dan deskripsi yang terdapat pada kemasan produk bayi. Berbagai produk bayi dengan kandungan clean formula dan gantle care bisa Mom dapatkan di Ms Glow Kid. Kunjungi website Ms Glow Kid pada situs https://www.mskids.co.id/ . Yuk sayangi buah hati Mom dengan menggunakan produk-produk yang safety.

3. Kondisi lingkungan

Kondisi lingkungan ternyata juga dapat menyebabkan alergi pada bayi loh. Lingkungan yang kotor akan mudah dihinggapi jamur, tungau, dan kutu hewan yang dapat menyebabkan alergi pada bayi. Alergi yang disebabkan oleh faktor lingkungan lebih sering muncul saat bayi berusia 18 bulan.

Meskipun alergi karena faktor lingkungan jarang terjadi pada bayi, Mom tetap harus menjaga kebersihan lingkungan untuk kesehatan dan meningkatkan imun bayi.

4. Mengkonsumsi Makanan Pemicu Alergi

Penyebab munculnya alergi pada bayi yang berikutnya dapat disebabkan karena makanan. Beberapa jenis makanan yang dapat memicu  alergi pada bayi adalah Ikan, kerang, kacang, susu dan telur.

Jika Mom tidak ingin buah hati mengalami energi karena makanan, pastikan Mom tidak memberikan makanan selain ASI dan makanan pendamping sebelum berkonsultasi dengan dokter.

5. Alergi yang Disebabkan oleh Obat-obatan Kimia

Obat-obatan kimia yang ada pada deterjen bisa menyebabkan alergi pada bayi.  Sebaiknya Mom menggunakan deterjen yang berbeda saat mencuci baju bayi.

Selain deterjen bahan kimia juga terdapat pada beberapa merek popok bayi. Oleh karena itu tidak jarang bayi mengalami alergi karena ketidakcocokan menggunakan popok bayi.

6. Gigitan serangga

Penyebab munculnya alergi pada bayi yang terakhir yaitu disebabkan oleh gigitan serangga. Gigitan serangga seperti nyamuk, semut atau serangga lain dapat membuat kulit bayi mengalami kemerahan dan gatal. Bahkan, pada beberapa kondisi yang parah, gigitan serangga bisa menyebabkan pembengkakan pada bagian tubuh bayi.

Demikian tadi penjelasan mengenai penyebab munculnya alergi pada bayi. Dari penjelasan di atas Mom bisa mengetahui jika selain produk, terdapat faktor lain yang yang memicu alergi pada bayi seperti gigitan serangga, bahan kimia, makanan, faktor lingkungan hingga faktor genetik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *